Rabu, 31 Oktober 2012

Cara Dan Solusi Mengatasi Anis Merah Ngedrop atau Macet Bunyi

Ini hanya sekedar sharing info tentang mengatasi atau menyiasati atau solusi agar anis merah yang macet/ngedrop dapat kembali ngoceh atau mau teler kembali.
Banyak para pehobi AM ( Anis Merah ) mempunyai berbagai macam masalah karena AM jagoannya mendadak diem tidak mau ngoceh alias bisu, kondisi ini bisa disebabkan berbagai faktor teknis dan non teknis.
Ini pengalaman pribadi saya yang saat itu AM jagoan saya mendadak diam seribu basa tanpa suara dan tanpa spatah kata keluar dari paruhnya, entah karena apa sebabnya.
Setelah saya telusuri kronologisnya yang menurut saya penyebab macet bunyi adalah karena tidak sabarnya saya menurunkan AM dalam keadaan baru selesai mabung kurang dari 1 bulan sudah saya turunkan kelapangan untuk mengikuti lomba.
Memang pada saat itu burung segar bugar dan sehat, tapi dibalik itu semua adalah awal petaka dari segalanya.

Jadi buat para pecinta AM mania jangan sekali-kali menurunkan burung kesayangan anda ke arena lomba walaupun hanya sekedar latihan jika burung yang baru selesai mabung / ganti bulu diturunkan, akan vatal akibatnya walaupun kelihatannya sepele. ( ini pengalaman pribadi saya ), sebaiknya tunggu hingga 2 bulan agar burung anda yang selesai mabung benar-benar fresh dan sehat.
Solusi mengatasi Anis Merah Ngedrop atau Macet ngoceh
Mulailah dari awal kembali kita menseting cara perawatannya, dari mulai mandi jemur, pakan ( merk Voor ), Extra Fooding, dan faktor non teknis yaitu suasana sekitar rumah dan sekelilingnya yang dapat mempengaruhi masa penyembuhan.
1. Bagi yang membeli AM yang sudah mapan alias sudah teler jika mendadak macet bunyi sebaiknya tanyalah kepada pemilik awalnya, tanyakan bagaimana cara perawatan hariannya, untuk itu sebelum membeli burung ocehan apa saja, tanyakan dahulu bagaimana cara perawatan hariannya secara berurut, jangan asal beli terus bawa pulang, karena ada beberapa burung yang sangat sensitif jika perawatan hariannya kita rubah termasuk AM ini, perlu saya garis bawahi: memang tidak semuanya burung ocehan seperti ini, burung mempunyai ciri karakter dasar masing-masing, ada yang tahan banting ada yang manja, heheheh.
2. Cobalah memulai pengembunan pada saat Subuh sekitar jam 5.00 pagi/subuh, keluarkan burung dari dalam rumah dan buka krodongnya untuk di embunkan, karena biasanya burung akan berkicau saat pagi menjelang siang apalagi dengan pengembunan membuat burung merasa seperti dialam bebasnya.
3. Mandikan AM saat matahari mulai bersinar terang, kira-kira pukul 7.00 saatnya memandikan burung kesayangan anda, setelah itu berikan jangkrik 2-3 serta berikan buah boleh pepaya atau pisang saba segar, apel.
4. Setelah Penjemuran sampai jam 9.00 baru burung kita angkat dan taro ditempat yang dingin, sebelum digantang kembali berikan 2-3 cacing yang masih hidup.
5. Kurang lebihnya 2 jaman kemudian angkat burung dan krodong kembali hingga jam 3-4 sore kita buka kembali untuk diangin-anginkan dan mandikan kembali setelah itu berikan 2 ekor jangkrik, dan menjelang petang krodong kembali hingga subuh berikutnya lakukan hal yang sama.
Catatan dalam pemulihan kondisi mental atau burung yang sedang macet bunyi sebaiknya tempatkan burung dalam suasana dan keadaan yang tenang bila perlu tidak ada suara burung yang sejenis atau suara burung lainnya.

Alternatif lain mengatasi Anis Merah Macet Bunyi
Salah satu cara lain agar AM yang macet bunyi agar dapat berkicau kembali adalah dengan memberikannya anis merah betina.
Anis merah betina ini bisa mendongkrak birahi atau semangat AM jantan untuk kembali berkicau, akan tetapi berdasarkan pengalaman saya tidak semua anis betina dapat membuat anis jantan menjadi agresif kembali, perlu digaris bawahi anis betina dan jantan  jika memang serasi atau cocok dengan pasangnya masing-masing bisa kembali normal dan kembali berkicau.
Carilah Anis betina yang birahi atau lenje atau ngegibir ( ngicir ), setelah itu coba dekatkan antar sangkar AM jantan dan AM betina, biasanya jika mereka cocok, akan terlihat si jantan akan ngebesut ( badannya akan lencir )dia akan loncat ke kiri dan kekanan diatas tangkringannya dan si Betina akan ngicir, tetapi jika tidak cocok AM jantan dan AM betina akan saling beradu mendekat.
Setelah kelihatan cocok diamkan beberapa menit sekitar 15 menit biarkan mereka berduaan, untuk kemudian pisahkan si betina dan jangan sampai terlihat oleh AM jantan, dan baru coba kita gantangkan lihat reaksinya, jika si jantan sudah bersuara, cit..cit..cit.. berarti dia sedang mencari si betina, dan jika betinanya ngejuit, ciiiiiiiiiiit…ciiiiiiiitt tandanya sebaliknya.
Selamat mencoba
Mungkin hanya itu pengalaman pribadi saya dalam mencari solisi anis merah yang macet bunyi, dan ini saya hanya sekedar berbagi pengalaman, mungkin para pehobi AM dan para kicau AM lainnya juga sudah mempunyai tips-tips yang lainnya yang dapat membuat anis macet kembali berkicau.
Dengan pemberian obat juga dapat merangsang proses metabolisme secara rutin serta pemberian multivitamin yang dapat meningkatkan kesehatan burung dengan tanpa meninggalkan perawatan harian yang bagus, dalam waktu yang tidak begitu lama anis merah yang macet bunyi tersebut akan dapat berkicau dan teler kembali.

0 komentar:

Poskan Komentar